Profil Kopma


SELAYANG PANDANG

Unit Dana Usaha (Kopma) Senat Mahasiswa STIS merupakan suatu wadah kegiatan mahasiswa STIS yang memiliki fungsi sebagai penyedia kebutuhan dan perlengkapan mahasiswa STIS. Selain bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa STIS di bidang kewirausahaan, Kopma STIS juga menjadi salah satu sumber dana bagi kegiatan-kegiatan IMASTIS.

Unit Dana Usaha (Kopma) mulai terbentuk pada periode kepengurusan Senat Mahasiswa STIS tahun 2000-2001. Senat Mahasiswa pada waktu itu membentuk suatu badan usaha yang sekaligus bertugas merintis pembentukan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Koperasi Mahasiswa (Kopma) yang mulai bekerja pada 1 April 2000 hingga 28 Februari 2001. Adapun sebelum periode ini, badan usaha Senat Mahasiswa masih ditangani oleh Divisi Pengabdian Masyarakat sehingga belum bisa melakukan kegiatan usahanya secara optimal. 

Pada kepengurusan periode 2013-2014 secara resmi UKM Kopma berubah secara struktural dari yang awalnya sebuah UKM menjadi unit tersendiri yaitu Unit Dana Usaha Senat Mahasiswa STIS di bawah pengawasan bendahara Senat Mahasiswa STIS. Adapun fungsi keberadaan Unit Dana Usaha (Kopma) antara lain:

1. Sebagai penyedia sumber dana bagi kegiatan-kegiatan IMASTIS
2. Melayani berbagai kebutuhan mahasiswa STIS.
3. Melatih mahasiswa dalam bidang wirausaha.  

Dalam pelaksanaan setiap kegiatan, Unit Dana Usaha (Kopma) telah berhasil secara swadaya melakukan pembiayaan kegiatannya. Melihat potensi tersebut besar harapan dari pengurus, Unit Dana Usaha (Kopma) dapat lebih dikembangkan. Tentunya tetap dengan pengawasan dan koordinasi dari Senat Mahasiswa STIS serta perangkat STIS.

Struktur Kepengurusan Unit Dana Usaha (Kopma) saat ini terdiri atas Badan Pengurus Harian (BPH) dan empat divisi. BPH meliputi Direktur, Sekretaris, dan Bendahara. Divisi yang terdapat di Kopma STIS adalah Divisi Produksi, Pemasaran, Toko, Penelitian dan Pengembangan (Litbang).

Divisi Produksi adalah divisi yang kegiatannya banyak berkutat di penyediaan perlengkapan mahasiswa seperti penyediaan badge, sepatu, gasper dll. Selain itu Divisi Produksi secara aktif menyediakan barang-barang produksi yang unik, menarik, kreatif, inovatif, dan berciri khas STIS seperti pin, kaos, mug, gantungan kunci dll. 

Divisi Pemasaran tugas utamanya adalah memasarkan barang-barang dengan promosi yang menarik. Sementara Divisi Toko adalah divisi yang mengurusi toko Kopma (lokasi: basement Kampus STIS) secara keseluruhan dan membuat program-program yang menarik untuk menjaring konsumen supaya lebih sering berbelanja di toko Kopma.

Untuk memudahkan Divisi Toko dalam melihat kinerja pengurus Unit Dana Usaha (Kopma) menjaga toko, Divisi Toko dalam hal ini dibantu oleh Divisi Litbang. Jadi, tugas Divisi Litbang secara keseluruhan selalu berhubungan dengan pengawasan dan pengamatan di intern Kopma, dan menelaah aspek-aspek yang berkaitan dengan pengembangan Kopma ke depannya.

Kopma diharapkan dapat menjadi badan usaha Ikatan Mahasiswa STIS (IMASTIS) yang berperan sebagai salah satu sumber dana bagi kegiatan-kegiatan IMASTIS yang dikelola oleh Senat Mahasiswa STIS

Adapun visi dan misi Kopma STIS antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa STIS dalam memenuhi perlengkapan yang dibutuhkan.
2. Membantu secara aktif kepada anggota Kopma dalam  mengembangkan kemampuan kewirausahaan melalui praktek bisnis secara langsung maupun pendalaman materi kewirausahaan melalui kegiatan seminar.
3. Turut mendukung kegiatan kemahasiswaan yang ada di STIS.
4. Mengembangkan jiwa kewirausahawan  kepada seluruh mahasiswa STIS.
5. Memberikan manfaat kepada seluruh mahasiswa STIS.

KEGIATAN

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Kopma antara lain pengadaan atribut perlengkapan PDA mahasiswa, pengadaan alat-alat kebutuhan kuliah mahasiswa, pembuatan buku kumpulan soal ujian masuk STIS, pelatihan-pelatihan kewirausahaan, pengadaan souvenir STIS berupa tas, stiker, gantungan kunci, mug, kaos, dan lain-lain.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply